Minggu, 04 November 2018

Setia Bersamamu

Bau khas rumah sakit tak bisa dihindari. Kala anakku harus dirawat beberapa hari karena panas badannya tak kunjung reda. Rasa kuatir tentu menyergap diriku. Ibu mana yang bisa tenang jika anaknya sakit?

Saat kami sudah ada di ruangan perawatan, ternyata sudah ada penghuni lain di ruangan itu. Karena memang ruangan kelas 1 yang dituju diperuntukkan bagi dua orang pasien. Pasien terdahulu ini seorang ibu, lebih tepatnya nenek usia 70 tahun lebih. Tapi masih terlihat kuat dan nampak jelas aura kecantikannya

Yang menarik, bukan perkara sakit yang diderita si nenek ini. Tapi fakta si nenek yang selalu ditunggui suaminya dengan setia. Tabir kain yang memisahkan dua pasien dalam satu ruangan ini tentu tak bisa meredam suara percakapan dibaliknya. Meski penglihatan tak mampu menembus laku siapa pun yang ada dibalik tabir.

Senang sekaligus iri melihat kemesraan nenek dan kakek ini. Si kakek dengan sabar dan telaten melayani istrinya. Makan, minum, ke kamar mandi/wc, mendengarkan keluhan istrinya, dan sebagainya. Kadang mereka bercengkrama berdua dan terkekeh bersama. Aku dan suami saling pandang dan ikut tersenyum mendengarnya.

Anak-anak beliau juga datang silih berganti. Sepertinya sangat akrab dan hangat dengan ayah ibunya. Tak pernah terdengar kata-kata umpatan, kemarahan atau kalimat buruk lainnya. Bahkan ketika pagi-pagi anak bungsu mereka datang dengan membawa camilan sambil cerita bahwa dia kehilangan uang hasil kerjanya sebagai sopir taksi online hari kemarin, si nenek ini dengan tenang berujar, "Memang bukan rezeki kamu, nak...mau bilang apa?"

Wow...amazing! Jarang kutemui ibu atau ayah yang tak emosi ketika mendengar anaknya kecurian, kecopetan, atau kehilangan harta dengan jalan tak biasa ini. Tapi tidak dengan mereka. Dengan tawa renyahnya si nenek ini menasihati anaknya, "Makanya, menaruh duit itu jangan sembarangan. Jadikan ini pelajaran. Harus hati-hati."

MasyaAllah...ini pun pelajaran bagiku dan suami. Setia sampai tua usia. Sabar dalam setiap deraan ujian-Nya. Dan pandai mengelola emosi meski sesuatu yang tak disuka mampir di hadapan kita.

Semoga kakek dan nenek ini sehat selalu. Begitupun anakku yang masih tergolek sayu. Hanya kepada Allah lah tempatku mengadu. Karena semua peristiwa pasti ada hikmahnya selalu.

Laila Thamrin

#goresanhatibunda
#pengingatdiri
#gemesda
#revowriter

*ilustrasi gambar dari koleksi google.com

1 komentar:

  1. Titanium Magnetic Cartridges - Titanium Games Inc.
    The black titanium rings "Titanium" columbia titanium pants slot is a combination of gold metal titanium nose stud and the gold base pieces with an authentic garmin fenix 6x pro solar titanium sense edge titanium of excitement.

    BalasHapus